Media Pembelajaran "Ring Of Colour"
1.
LATAR
BELAKANG
Belajar
adalah suatu kegiatan atau proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang
dan berlangsung seumur hidup, sejak ia masih bayi hingga keliang lahat nanti.
Salah satu tanda bahwa seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah
laku dalam dirinya.
Kegiatan
belajar mengajar akan mudah diterima oleh orang yang menerimanya apabila
menggunakan bahan-bahan/media ajar yang menarik dan sesuai dengan pengetahuan
(materi) yang sedang dibahasnya. Dengan menggunakan media pembelajaran,
pembelajaran akan mudah diterima oleh penerimanya dikarenakan mereka dapat
melihat peristiwa/kejadian atau contoh konkret secara langsung dari suatu
pembelajaran yang sedang dibahas.
Perkembangan
ilmu dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya peningkatan dan pengenalan
media dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut mampu menggunakan
alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan
bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru
sebisa mungkin dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipin sederhana
sekalipun tetapi hal tersebut menjadi suatu keharusan demi tercapainya suatu
tujuan pembelajaran.
Dengan
adanya media pembelajaran, guru dituntut untuk lebih mengembangkan kreativitas
yang dimilikinya. Namun, tidak sedikit guru yang enggan untuk membuat media
pembelajaran yang dapat membantu dalam pencapaian materi dalam proses belajar
mengajar, hal ini dikarenakan sifat guru yang tidak mau repot dalam pembuatan
media pembelajaran. Perlu diketahui pula, Selain media pembelajaran berupa
benda, guru juga dapat menggunakan alam sekitar sebagai media pembelajaran yang
konkret.
Karena
media pembelajaran dapat digunakan sesuai dengan materi yang kita sampaikan,
jadi tidak semua mata pelajaran akan membutuhkan media dalam proses
pembelajarannya. Walaupun demikian, guru hendaknya mampu memberikan
pembelajaran yang menarik agar suatu proses pembelajaran dapat tercapai dengan
sebaik mungkin sesuai dengan apa yang diinginkan.
2.
MATA
PELAJARAN
Bahasa Inggris
3.
KELAS/SEMESTER
1 (Satu)/1(Satu)
4.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
5.
KOMPETENSI
DASAR
Merespon dengan
mengulang kosa kata baru dengan ucapan lantang
6.
TUJUAN
Tujuan
dibuatnya media pembelajaran ini adalah :
a. Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
b. Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa inggris yang
benar
7.
MANFAAT
Manfaat
dibuatnya media pembelajaran ini adalah :
a. Dapat
membantu siswa dalam penyampaian materi yang disampaikan
b. Terciptanya
suatu proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
c. Siswa
dapat mengetahui berbagai macam bentuk yang di tampilkan melalui media yang
telah dibuat dan mengucap ulang kata yang dibacakan
d. Siswa
dapat mengetahui macam-macam warna
8.
ALAT
DAN BAHAN
a. Alat
Alat
yang digunakan dalam membuat media pembelajaran ini adalah :
· Gunting
· Pensil
· Penggaaris
· Spidol
warna
· Double
tip (lem kertas)
· Paku
· Cetakan
berbentuk bulat (piring)
b. Bahan
· Kardus
bekas
· Kertas
origami warna
9.
CARA
MEMBUAT
Cara
membuat media pembelajaran ini adalah :
a. Pertama-tama
kita siapkan terlebih dahulua semua alat dan bahan yang akan digunakan dalam
pembuatan media pembelajaran ini
b. Ukur
dan bentuk kardus berbentuk bulat dengan dua ukuran diameter yang berbeda
c. Gunting
kedua kardus yang telah dibuat pola bulat tersebut sesuai dengan ukuran
diameter pada masing-masing kardusnya
d. bagilah
kardus yang berdiameter lebih kecil menjadi 8 bagian didalam lingkarannya
dengan menggunakan pensil
e. potong/guntinglah
kertas origami dengan warna yang berbeda sesuai dengan ukuran lingkaran yang
sebelumnya telah dibagi menjadi 8 bagian
f. tempelkan
kertas origami yang telah kita potong kedalam kardus yang berdiameter lebih
kecil tersebut
g. setelah
selesai, tempelkan kardus yang telah dihias kertas origami tersebut kedalam
kardus yang berdiameter lebih besar dengan menggunakan paku baut
h. lalu
buatlah macam-macam bentuk seperti : persegi, lingkaran, persegi panjang,
segitiga, dll dengan ukuran yang tidak terlalu besar
i. tempekan
macam-macam bentuk yang telah kita buat tadi kedalam kardus yang berdiameter
besar
j. berilah
nama sesuai dengan nama macam-macam bentuk yang telah kita buat dengan
menggunakan bahasa inggris di setiap warna origami dalam kardus yang berdiameter
lebih kecil tadi
k. media
pembelajaran siap digunakan
10.
CARA
PENYAMPAIAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Media
pembelajaran dapat kita tempelkan di depan kelas atau dapat juga dipengang
langsung oleh guru
b. Kita
menjelaskan terlebih dahulu media apa yang kita buat dan keterkaitannya dengan
materi yang akan disampaikan
c. Menyampaikan/menyebutkan
berbagai macam bentuk yang terdapat pada media pembelajaran yang telah dibuat
dengan menggunakan bahasa inggris oleh guru dan diucap ulang oleh siswa
d. Menyebutkan
macam-macam warna yang terdapat dalam media pembelajaran oleg guru dan diucap
ulang oleh siswa
11.
KELEBIHAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Kelebihan
media pembelajaran ini adalah :
a.
Siswa dapat mengenal beberapa macam
bentuk yang ditampilkan dalam media pembelajaran tersebut
b.
Siswa dapat mengetahui bahasa inggris
dari berbagai macam bentuk yang ditampikan dalam media pembelajaran tersebut
c.
Siswa dapat mengetahui berbagai macam
warna dalam media pembelajaran
12. KELEMAHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kelemahan
media pembelajaran ini adalah :
a.
Ukuran media pembelajaran yang tidak
terlalu besar
b.
Macam-macam bentuk yang tidak lengkap
c.
Macam-macam warna yang ditampilan tidak
lengkap
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda