Minggu, 03 Januari 2016

Media Pembelajaran "Ring Of Colour"



1.    LATAR BELAKANG
Belajar adalah suatu kegiatan atau proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak ia masih bayi hingga keliang lahat nanti. Salah satu tanda bahwa seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya.
Kegiatan belajar mengajar akan mudah diterima oleh orang yang menerimanya apabila menggunakan bahan-bahan/media ajar yang menarik dan sesuai dengan pengetahuan (materi) yang sedang dibahasnya. Dengan menggunakan media pembelajaran, pembelajaran akan mudah diterima oleh penerimanya dikarenakan mereka dapat melihat peristiwa/kejadian atau contoh konkret secara langsung dari suatu pembelajaran yang sedang dibahas.
Perkembangan ilmu dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya peningkatan dan pengenalan media dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sebisa mungkin dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipin sederhana sekalipun tetapi hal tersebut menjadi suatu keharusan demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran.
Dengan adanya media pembelajaran, guru dituntut untuk lebih mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Namun, tidak sedikit guru yang enggan untuk membuat media pembelajaran yang dapat membantu dalam pencapaian materi dalam proses belajar mengajar, hal ini dikarenakan sifat guru yang tidak mau repot dalam pembuatan media pembelajaran. Perlu diketahui pula, Selain media pembelajaran berupa benda, guru juga dapat menggunakan alam sekitar sebagai media pembelajaran yang konkret.
Karena media pembelajaran dapat digunakan sesuai dengan materi yang kita sampaikan, jadi tidak semua mata pelajaran akan membutuhkan media dalam proses pembelajarannya. Walaupun demikian, guru hendaknya mampu memberikan pembelajaran yang menarik agar suatu proses pembelajaran dapat tercapai dengan sebaik mungkin sesuai dengan apa yang diinginkan.





2.        MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
3.        KELAS/SEMESTER
1 (Satu)/1(Satu)

4.        STANDAR KOMPETENSI
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
5.        KOMPETENSI DASAR
Merespon dengan mengulang kosa kata baru dengan ucapan lantang
6.        TUJUAN
Tujuan dibuatnya media pembelajaran ini adalah :
a.    Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
b.    Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa inggris yang benar
7.        MANFAAT
Manfaat dibuatnya media pembelajaran ini adalah :
a.    Dapat membantu siswa dalam penyampaian materi yang disampaikan
b.    Terciptanya suatu proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
c.    Siswa dapat mengetahui berbagai macam bentuk yang di tampilkan melalui media yang telah dibuat dan mengucap ulang kata yang dibacakan
d.   Siswa dapat mengetahui macam-macam warna

8.        ALAT DAN BAHAN
a.    Alat
Alat yang digunakan dalam membuat media pembelajaran ini adalah :
·      Gunting
·      Pensil
·      Penggaaris
·      Spidol warna
·      Double tip (lem kertas)
·      Paku
·      Cetakan berbentuk bulat (piring)
b.    Bahan
·      Kardus bekas
·      Kertas origami warna

9.        CARA MEMBUAT
Cara membuat media pembelajaran ini adalah :
a.    Pertama-tama kita siapkan terlebih dahulua semua alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini
b.    Ukur dan bentuk kardus berbentuk bulat dengan dua ukuran diameter yang berbeda
c.    Gunting kedua kardus yang telah dibuat pola bulat tersebut sesuai dengan ukuran diameter pada masing-masing kardusnya
d.   bagilah kardus yang berdiameter lebih kecil menjadi 8 bagian didalam lingkarannya dengan menggunakan pensil
e.    potong/guntinglah kertas origami dengan warna yang berbeda sesuai dengan ukuran lingkaran yang sebelumnya telah dibagi menjadi 8 bagian
f.     tempelkan kertas origami yang telah kita potong kedalam kardus yang berdiameter lebih kecil tersebut
g.    setelah selesai, tempelkan kardus yang telah dihias kertas origami tersebut kedalam kardus yang berdiameter lebih besar dengan menggunakan paku baut
h.    lalu buatlah macam-macam bentuk seperti : persegi, lingkaran, persegi panjang, segitiga, dll dengan ukuran yang tidak terlalu besar
i.      tempekan macam-macam bentuk yang telah kita buat tadi kedalam kardus yang berdiameter besar
j.      berilah nama sesuai dengan nama macam-macam bentuk yang telah kita buat dengan menggunakan bahasa inggris di setiap warna origami dalam kardus yang berdiameter lebih kecil tadi
k.    media pembelajaran siap digunakan

10.    CARA PENYAMPAIAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.    Media pembelajaran dapat kita tempelkan di depan kelas atau dapat juga dipengang langsung oleh guru
b.    Kita menjelaskan terlebih dahulu media apa yang kita buat dan keterkaitannya dengan materi yang akan disampaikan
c.    Menyampaikan/menyebutkan berbagai macam bentuk yang terdapat pada media pembelajaran yang telah dibuat dengan menggunakan bahasa inggris oleh guru dan diucap ulang oleh siswa
d.   Menyebutkan macam-macam warna yang terdapat dalam media pembelajaran oleg guru dan diucap ulang oleh siswa

11.    KELEBIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kelebihan media pembelajaran ini adalah :
a.    Siswa dapat mengenal beberapa macam bentuk yang ditampilkan dalam media pembelajaran tersebut
b.    Siswa dapat mengetahui bahasa inggris dari berbagai macam bentuk yang ditampikan dalam media pembelajaran tersebut
c.    Siswa dapat mengetahui berbagai macam warna dalam media pembelajaran

12.    KELEMAHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kelemahan media pembelajaran ini adalah :
a.    Ukuran media pembelajaran yang tidak terlalu besar
b.    Macam-macam bentuk yang tidak lengkap
c.    Macam-macam warna yang ditampilan tidak lengkap



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda