Minggu, 03 Januari 2016

Pentingnya Seni Rupa di SD



PENTINGNYA FUNGSI DAN PERAN PENDIDIKAN SENI RUPA
DI SEKOLAH DASAR

1.     Fungsi Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar (SD)
Menurut Puji Tri Nafati, fungsi Seni Rupa khususnya di sekolah dasar berfungsi untuk menumbuh kembangkan kepribadian anak. Selain itu fungsi seni rupa di sekolah dasar adalah sebagai berikut :
a.       Sebagai Media Ekspresi
Ekspresi adalah salah satu kebutuhan rohaniah/batiniah individu untuk berhubungan dengan orang lain. Dalam hal ini pikiran, perasaan, dan emosi ikut berperan. Ekspresi yang ditunjukan oleh anak adalah ekspresi keinginan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, misalnya mengekspresikan perasaan sedih, gembira, cemas, marah dsb. Hal ini terjadi karena biasanya anak sulit mengungkapkan isi hatinya lewat lisan. Dalam keadaan seperti itu, seni dapat mengekspresikan idenya.
b.      Sebagai Media Komunikasi
Komunikasi adalah keinginan untuk menyampaikan sesuatu pada orang lain. Komunikasi dapat di wujudkan dalam bentuk nyanyian atau musik. Misalnya : dalam musik atau nyanyian kita dapat menyampaikan pesan mral yang terdapat dalam nyanyian tersebut.
c.       Sebagai Media Bermain
Permainan adalah ekspresi tentang hubungan si anak dengan seluruh kehidupan. Sifatnya spontan dan timbul dengan sendirinya. Karena kegiatan kesenian cenderung ke arah artistic, maka kegiatan bermain juga cencerung pada permainan artistic. Misalnya kegiatan anak untuk memukul, memijat, meremas dengan tanah liat, akan menghasilkan suatu bentuk yang unik bahkan menjadi indah dan menarik.
d.      Sebagai Media Pengembangan Bakat Seni
Pendidikan seni rypa yang ideal memberikan kesempatan kepada anak yanag berbakat untuk memelihara dan mengembangkan bakatnya sejak awal pada masa sekolahnya, sehingga ia dapat menjadi senirupawan.
e.       Sebagai Media Kemampuan Berpikir
Sebagai contoh, seorang anak yang bermain di bak pasir akan menantang anak untuk bertanya dan berpikir mengapa pasir tidak disusun tinggi tanpa diberi air, tetapi tanah liat dapat dibentuk dengan mudah apabila kandungan airnya tepat.
f.       Sebagai Media untuk memperoleh pengalaman estetis
Estetis adalah keindahan. Semakin mendalam sikap serta pengalaman cita rasa kaindahan, semakin pekalah citarasa keindahan tersebut.

2.     Peran Pendidikan Seni Rupa bagi Anak Khususnya di Sekolah Dasar (SD)
Peran pendidikan Seni Rupa bagi kurikulum pendidikan di sekolah khususnya sekolah dasar menurut Winda Rizka adalah sebagai berikut :
a.       Seni sebagai Bahasa Visual
b.      Seni membantu Pertumbuhan Mental
Pada suatu ketika anak pertumbuhan badan (biological age) lebih cepat dari pada perkembangan pikiran (mental age). Ketidaksejajaran perkembangan anak tersebut menyebabkan pula perkembangan gambar anak dengan anak lain yang normaal, oleh karen itu terjadi variasi gambar anak. Hal ini seiring dengan perkembangan nalar pada diri aanak. Bagi ank yang mempunyai perkembangan berbeda, dimana fungsi nalar sudah berkembang lebih cepat dari pada ekspresinya, maka peristiwa itu berpengaruh juga kepada gambar.
c.       Seni Membantu Belajar Bidang yang Lain

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda