Pentingnya Seni Rupa di SD
PENTINGNYA
FUNGSI DAN PERAN PENDIDIKAN SENI RUPA
DI
SEKOLAH DASAR
1.
Fungsi
Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar (SD)
Menurut
Puji Tri Nafati, fungsi Seni Rupa khususnya di sekolah dasar berfungsi untuk
menumbuh kembangkan kepribadian anak. Selain itu fungsi seni rupa di sekolah
dasar adalah sebagai berikut :
a. Sebagai
Media Ekspresi
Ekspresi adalah salah satu kebutuhan
rohaniah/batiniah individu untuk berhubungan dengan orang lain. Dalam hal ini
pikiran, perasaan, dan emosi ikut berperan. Ekspresi yang ditunjukan oleh anak
adalah ekspresi keinginan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, misalnya
mengekspresikan perasaan sedih, gembira, cemas, marah dsb. Hal ini terjadi
karena biasanya anak sulit mengungkapkan isi hatinya lewat lisan. Dalam keadaan
seperti itu, seni dapat mengekspresikan idenya.
b. Sebagai
Media Komunikasi
Komunikasi adalah keinginan untuk
menyampaikan sesuatu pada orang lain. Komunikasi dapat di wujudkan dalam bentuk
nyanyian atau musik. Misalnya : dalam musik atau nyanyian kita dapat menyampaikan
pesan mral yang terdapat dalam nyanyian tersebut.
c. Sebagai
Media Bermain
Permainan adalah ekspresi tentang
hubungan si anak dengan seluruh kehidupan. Sifatnya spontan dan timbul dengan
sendirinya. Karena kegiatan kesenian cenderung ke arah artistic, maka kegiatan
bermain juga cencerung pada permainan artistic. Misalnya kegiatan anak untuk
memukul, memijat, meremas dengan tanah liat, akan menghasilkan suatu bentuk
yang unik bahkan menjadi indah dan menarik.
d. Sebagai
Media Pengembangan Bakat Seni
Pendidikan seni rypa yang ideal
memberikan kesempatan kepada anak yanag berbakat untuk memelihara dan
mengembangkan bakatnya sejak awal pada masa sekolahnya, sehingga ia dapat
menjadi senirupawan.
e. Sebagai
Media Kemampuan Berpikir
Sebagai contoh, seorang anak yang bermain
di bak pasir akan menantang anak untuk bertanya dan berpikir mengapa pasir
tidak disusun tinggi tanpa diberi air, tetapi tanah liat dapat dibentuk dengan
mudah apabila kandungan airnya tepat.
f. Sebagai
Media untuk memperoleh pengalaman estetis
Estetis adalah keindahan. Semakin
mendalam sikap serta pengalaman cita rasa kaindahan, semakin pekalah citarasa
keindahan tersebut.
2.
Peran
Pendidikan Seni Rupa bagi Anak Khususnya di Sekolah Dasar (SD)
Peran
pendidikan Seni Rupa bagi kurikulum pendidikan di sekolah khususnya sekolah
dasar menurut Winda Rizka adalah sebagai berikut :
a. Seni
sebagai Bahasa Visual
b. Seni
membantu Pertumbuhan Mental
Pada suatu ketika anak pertumbuhan badan
(biological age) lebih cepat dari pada perkembangan pikiran (mental age). Ketidaksejajaran
perkembangan anak tersebut menyebabkan pula perkembangan gambar anak dengan
anak lain yang normaal, oleh karen itu terjadi variasi gambar anak. Hal ini
seiring dengan perkembangan nalar pada diri aanak. Bagi ank yang mempunyai
perkembangan berbeda, dimana fungsi nalar sudah berkembang lebih cepat dari
pada ekspresinya, maka peristiwa itu berpengaruh juga kepada gambar.
c. Seni
Membantu Belajar Bidang yang Lain
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda