Minggu, 03 Januari 2016

Problematika Pembelajaran Bahasa Daerah



“ MASALAH PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH “

Masalah pembelajaran khususnya dalam bahasa daerah di kalangan peserta didik adalah sebagai berikut :
1.       Bahasa daerah sulit di pahami oleh seseorang yang berasal dari daerah tertentu untuk mempelajari bahasa dari daerah tertentu pula.
Contohnya : Seorang peserta didik yang yang berasal dari daerah sumatera utara di tuntut untuk mempelajari bahasa jawa yang sama sekali tidak bisa ia ucapkan dan artikan.
2.      Warga negara asing yang ingin belajar bahasa Indonesia terutama bahasa daerah menjadi kesulitan karena terlalu banyak kosakata yang digunakan.
3.      Masyarakat menjadi kurang paham dalam menggunakan bahasa daerah karena sudah terbiasa menggunakan bahasa indonesia yang baku. Hal ini terjadi karena lingkungan disekitar menggunakan bahasa indonesia yang baku sebagai alat berkomunikasi antar individual.
4.      Dapat menimbulkan kesalahpahaman antar individu, karena arti dalam sebuah bahasa daerah tertentu belum tentu sama dengan arti dalam bahasa daerah yang lainnya pula.
5.      Ketidakpahaman peserta didik dalam mempelajari bahasa daerah, Hal ini dikarenakan tidak semua peserta didik dapat memahami penggunaan bahasa daerah. Akibatnya peserta didik jadi malas dan tidak adanya ketertarikan dalam mempelajari bahasa daerah.
6.      Peserta didik biasanya kesulitan dalam pengucapan bahasa daerah tersebut. Karena salah dalam pengucapan saja dapat berakibat dalam arti kata yang berbeda pula.
7.      Ketidaktarikan peserta didik dalam pembelajaran bahasa daerah, karena menurut mereka bahasa daerah adalah bahasa kuno yang dapat membedakan status sosial apabila di aplikasikan.
8.       Peserta didik biasanya tidak tertarik mempelajari bahasa daerah yang menurutnya tidak penting untuk dipelajari. Karena sebagian orang menganggap bahasa daaerah tidak ada manfaatnya di masa yang akan datang dan lebih memilih untuk mempelajari bahasa asing yang keluar dari budaya indonesia itu sendiri contohnya bahasa inggris.
9.      Peserta didik yang sangat lambat dalam belajar. Jangankan untuk bahasa daerah yang sama sekali tidak ia ketahui sebelumnya, dalam pelajaran lainpun terkadang seseorang yang lambat dalam menangkap suatu pelajaran.
10.  Peserta didik yang kekurangan motivasi dalam belajar sehingga menjadi bermalas-malasan dalam proses suatu pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa daerah.
11.  Peserta didik yang tidak mengikuti proses belajar- mengajar dikelas, yang mengakibatkan kehilangan sebagian besar kegiatan belajarnya. Selain itu siswa/mahasiswa juga tidak memahami yang seharusnya ia pahami dalam suaatu teori pembelajaran, khususnya bahasa daerah.
12.  Lingkungan sekolah juga berpengaruh dalam masalah pembelajaran khususnya bahasa daerah, contohnya seorang guru/dosen yang sangat membosankan dalam proses pembelajaran yang menimbulkan kebosanan terhadap mata pelajaran yang diajarkannya pula. Sehingga materi yang di ajarkan tidak membekas sama-sekali dalam pikiran peserta didik.
13.   Situasi dan kondisi juga sangat berpengaruh dalam masalah pembelajaran, contohnya pelajaran bahasa daerah yang dilakukan di akhir mata pelajaran lainnya, yang mengakibatkan kejenuhan akan suatu pembelajaran. Karena mengingat bahasa daeraah adalah bahasa yang sangat sulit terlebih bahasa tersebut adalah bahasa yang belum pernah kita kenali.
14.  Bagi sebagian besar peserta didik menganggap remeh dalam pelajaran tertentu khususnya bahasa daerah, terlebih bahasa daerah tersebut merupakan bahasa sehari-hari yang ia pakai. Akibatnya peserta didik merasa tidak perlu untuk mempelajari bahasa daerah tersebut.
15.  Masalah lainnya adalah, banyaknya tuntutan yang harus ia lakukan ketika seorang peserta didik harus mempelajari suatu bahasa daerah yang mengakibatkan tidak inginnya ia mempelajari bahasa daerah tersebut.

Demikian masalah-masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran khususnya bahasa daerah yang saya cermati dalam setiap prosese pembelajaran menurut sudut pandang saya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda