Bedah Kurikulum Kelas 3 (IPA)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam)
|
|||||||
NoSK
|
Kompetensi
Dasar
|
TEMA
|
|||||
Lingkungan
|
Pengalamanku
|
Kegiatanku
|
Peristiwa
|
Kerjasama
|
Kepedulianku
|
||
1
1.
|
Semester 1
1.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
1.2 Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
1.3 Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat,
dan olah raga)
|
P
P
|
P
P
P
|
P
|
P
|
||
2
2
|
2.1 Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2 Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
2.3 Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
P
P
P
|
P
|
P
P
P
|
P
P
P
|
P
|
P
|
3
|
3.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2 Mendeskripsikan
perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa) yang dapat diamati
akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakan diudara terbuka
3.3 Menjelaskan
kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
|
P
P
P
|
P
P
P
|
P
|
P
P
|
||
4
|
Semester 2
4.1 Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
4.2 Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam
kehidupan sehari-hari
4.3 Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
|
P
P
|
P
P
P
|
P
P
|
P
P
P
|
5
|
5.1 Membuat
kincir angin untuk menunjukan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
5.2 Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
P
P
|
P
P
|
P
P
|
P
P
|
P
|
P
|
6
|
6.1 Mendeskripsikan
kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar
6.2 Menjelaskan
hubungan antara keadaan awal dan cuaca
6.3 Mendeskripsikan
pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
6.4 Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam dilingkungan sekitar
|
P
P
P
P
|
P
|
P
P
P
P
|
P
P
P
P
|
P
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda