Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RPP ini penulis buat untuk memenuhi syarat pada saat melakukan kegiatan eksperimen terkait Problematika pembelajaran di salah satu SD Negeri di Serang
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Nama Sekolah : SD Negeri Rawu
Mata Pelajaran :
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/semester :
4 (empat) B/ Semester 1 (satu)
Materi :
Pengelompokan Jenis Tulang pada Daun
Alokasi waktu :
2 x 45 Menit
A.
Standar
Kompetensi
2. Memahami hubungan
antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B.
Kompetensi
Dasar
2.3 Menjelaskan
hubungan antara daun tumbuhan dengan fungsinya
C.
Indikator
· Mampu
menjelaskan definisi dan fungsi daun
· Mampu
menyebutkan bentuk-bentuk tulang pada daun
· Mampu
mengklasifikasikan bentuk-bentuk tulang pada daun
D.
Tujuan
· Siswa
dapat menjelaskan definisi serta fungsi dari daun
· Siswa
dapat menyebutkan bentuk-bentuk tulang yang terdapat pada daun
· Siswa
dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk tulang pada daun berdasrakan ciri-ciri
dan jenisnya
E.
Materi
DAUN
1.
Pengertian
Daun
Daun adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang
tumbuh pada ranting yang umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau. Berwarna hijau karena
mengandung klorofil.Tetapi beberapa jenis tumbuhan memiliki daun berwarna
merah. Bagian-bagian daun terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun,
dan pelepah daun. Daun pisang dan daun bambu memiliki bagian daun yang lengkap.
Akan tetapi, kebanyakan tumbuhan mempunyai daun yang tidak lengkap. Misalnya,
ada daun yang terdiri atas tangkai dan helai daun saja. Sebagian besar tumbuhan
seperti ini, misalnya daun nangka dan mangga. Ada pula daun yang hanya terdiri
atas pelepah dan helai daun. Contoh daun seperti ini adalah daun padi dan
jagung. Bagian daun yang umumnya paling kelihatan adalah helai daun. Ada
berbagai macam bentuk helai daun. Bentuk helai daun dipengaruhi bentuk susunan
tulang daun. Daun yang lengkap memiliki bagian bagian berupa pelepah, tangkai,
dan helai daun.

Gambar
1.1 (daun tunggal dan majemuk)
Gambar 1.2 (bagian daun)
Bentuk susunan tulang daun terdiri atas tulang daun menyirip,
tulang daun menjari, tulang daun melengkung, dan tulang daun sejajar.
Dilihat dari jumlah daunnya, daun dibagi menjadi dua, yaitu daun majemuk dan
daun tunggal. Daun majemuk adalah daun yang mempunyai beberapa helai
daun pada tiap tangkai daunnya, contohnya adalah daun pete cina, daun buah
asem, tumbuhan paku, dsb. Daun tunggal adalah daun yang mempunyai satu helai
daun pada tiap tangkai daunnya, contohnya adalah daun tanaman mangga, daun
tanaman jambu, daun tanaman, dan lain sebagainya.
2.
Fungsi Daun
Setiap jenis tumbuhan memiliki struktur daun yang khas, hal ini
disesuaikan dengan fungsinya sesuai tempat hidupnya. Fungsi
utama daun adalah untuk menyerap sinar matahari untuk pembuatan gula tanaman
dalam proses yang disebut fotosintesis. Daun berkembang sebagai permukaan rata
untuk menyajikan area yang luas untuk penyerapan yang efisien energi cahaya.
Daun didukung dari batang dengan embel batang-seperti yang disebut tangkai daun.
Daun bagi tumbuhan berfungsi antara lain sebagai berikut.
a.
Sebagai tempat
berlangsungnya proses pembuatan makanan tumbuhan (fotosintesis), karena daun
mengandung klorofil atau zat hijau daun.
b.
Berperan pada proses
penguapan tumbuhan.
c.
Merupakan salah satu alat
pernapasan pada tumbuhan, yaitu melalui bagian daun yang disebut stomata atau
mulut daun.
d.
Turut berperan dalam
proses penyerapan air dan zat hara dari dalam tanah.
e.
Bahan perkembangbiakan,
misalnya pada cocor bebek.
f.
Tempat penyimpan cadangan
makanan, misalnya pada bawang merah dan lily.
3. Bagian-bagian Daun
Berdasarkan
bagian-bagian pada daun, daun dibedakan menjadi daun lengkap dan daun tidak
lengkap.
a.
Daun Lengkap
Daun lengkap dapat kita jumpai pada beberapa macam tumbuhan,
misalnya pohon pisang (Musa paradisiaca L). Pohon
pinang (Areca catechu L), bambu (Bambusa sp), dll.
Tumbuhan yang
mempunyai daun yang lengkap tidak begitu banyak jumlah jenisnya. Ciri-ciri Daun yang lengkap adalah sebagai berikut :
b.
Daun Tidak Lengkap
Kebanyakan tumbuhan mempunyai daun, yang kehilangan satu atau
dua bagian dari tiga bagian tersebut diatas, dinaman daun tidak lengkap.
Ciri-ciri Daun tidak lengkap adalah sebagai berikut :
· Hanya terdiri atas tangkai dan helaian saja, disebut daun bertangkai.
· Daun
hanya terdiri atas helaian saja (tanpa upih dan tangkai) sehingga helaian
langsung melekat atau duduk pada batang, disebut daun duduk (sessilis), seperti pada biduri (Calotropisgigantea R.Br.).
· Daun hanya terdiri atas tangkai tangkai saja, tangkai
biasanya menjadi pipih sehingga menyarupai helaian daun, jadi merupakan suatu helaian daun semu atau palsu, disebut filodia, seperti pada
berbagai jenis pohon Acacia Australia (Acacia auriculiformis A.
Cunn.)

Gambar 1.3 (daun lengkap dan tidak lengkap)
4.
Bentuk
Tulang Daun
Bentuk
susunan tulang daun terdiri atas tulang daun menyirip, tulang daun menjari,
tulang daun melengkung, dan tulang daun sejajar. Terdapat
beberapa penggolongan jenis tulang daun, antara lain :
a.
Tulang daun Menyirip (penninervis)
Tulang
daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip-sirip ikan. Tulang daun menyirip
dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun mangga, rambutan, jambu,
avokad, dan nangka.
b.
Tulang Daun Menjari (palminervis)
Tanaman ini mempunyai satu tulang
daun yang besar, Tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari-jari tangan.
Tulang daun menjari dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun
pepaya, singkong, jarak, dan kapas.
c.
Tulang Daun Melengkung (cervinervis)
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis lengkung.
Tiap-tiap ujung tulang daun itu terlihat menyatu, misalnya daun genjer dan
gadung.
d.
Tulang Daun Sejajar (rectinervis)
Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis lurus yang
sejajar. Biasanya terdapat pada daun-daun bangun garis dan bangun pita, yang
mempunyai satu tulang ditengah yang besar membujur daun, sedang tulang-tulang
lainnya jelas lebih kecil dan nampaknya semua mempunyai arah sejajar dengan ibu
tulangnya tadi. Tiap-tiap ujung tulang
daun tersebut menyatu, misalnya semua jenis rumput-rumputan, padi, tebu, dan
jagung.




Gambar
1.4
(a) bentuk tulang menyirip. (b) bentuk tulang menjari. (c) bentuk tulang
melengkung (d) bentuk tulang sejajar
F. Model, Metode Pembelajaran
·
Menggunakan model pembelajaran Kontekstual
·
Menggunakan metode ceramah, diskusi
G. Media Pembelajaran
1.
Buku Subur
Buku
subur merupakan buku yang berisi dedaunan yang dikelompokan berdasarkan jenis
dan pengelompokan tulangnya. Lembar demi lembar, buku tersebut akan berisi satu
jenis daun utuh dan disertai rangka daun yang bertujuan untuk mengetahui
pengelompokan daun berdasarkan jenis daun itu sendiri.
a) Alat
dan Bahan
1) Alat
· Gunting
· Cuter
(pisau kecil)
· Penggaris
· Spidol
warna
· Lem
kertas
· Pensil
dan pulpen
· Doubletip
dan isolasi
2) Bahan
· Buku
(berukuran besar)
· Kertas
Sampul buku
· Daun
dan Rangka Daun
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Ket
|
Pendahuluan
|
·
Menyapa peserta didik dengan salam
·
Berdo’a sebelum memulai kegiatan belajar mengajar
·
Memerikasa kehadiran peserta didik
·
Perkenalan antara guru dan peserta didik
·
Guru memberikan soal Pre test
|
5 menit
|
|
Inti
|
·
Menyampaikan KD, Tujuan dan Indikator yang ingin
dicapai
·
Guru menjelaskan materi yaitu pengelompokan tulang
daun berdasarkan jenis daun dengan menggunakan media yang telah disiapkan
·
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok yang masing-masing
kelompoknya terdapat 10-12 siswa
·
Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok
untuk melakukan pengamatan terhadap daun yang ada disekitar halaman sekolah
·
Masing-masing kelompok secara bergantian mengamati
daun yang ada di halaman sekolah untuk dapat dikelompokan berdasarkan bentuk
tulang daun
·
Siswa kembali kedalam kelas untuk berdiskusi dengan
teman sekelompoknya untuk menentukan penggolongan bentuk tulang daun yang
telah mereka amati
·
Masing-masing anggota kelompok menuliskan hasil pengamatan
yang mereka lakukan di Lembar Kerja Siswa (LKS)
·
Guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil
kerjanya didepan kelas yang dilakukan oleh perwakilan kelompok masing-masing
·
Guru mengapresiasi siswa yang telah mempersentasikan
hasil kerjanya didepan kelas
·
Guru mengevaluasi LKS yang telah siswa kerjakan
dengan cara membahasnya bersama-sama disertai dengan media pembelajaran yang
telah disiapkan
·
guru memberikan latihan soal (post tets)
|
35 menit
|
|
Penutup
|
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk menyimpulkan materi yang telah diajarkan didepan kelas
·
Guru memberikan apresiasi kepada siswa
·
Guru memberikan motivasi/semangat kepada siswa
·
Berdo’a sebelum pulang
|
5
menit
|
|
I.
Evaluasi
· Penilaian Aspek Psikomotor
(pengetahuan)
Jenis soal :
esai
Jumlah soal : 4 soal
Bobot nilai : 1 soal bernilai 25 (24x4=100)
Soal
!
1. Apa
yang kalian ketahui dengan Daun ?
2. Sebutkan
nama tumbuhan/daun berdasarkan bentuk tulang yang terdapat pada daun?
3. Apa
saja perbedaan/ciri-ciri yang terdapat pada daun jika dilihat dari bentuk
tulang daunnya?
4. Sebutkanlah
bentuk tulang daun yang terdapat pada jenis tumbuhan/daun dibawah ini :
a. Daun singkong
b. Daun Pepaya
c. Daun Mangga
d. Daun Pandan
e. Daun Sirih
Kata Kunci :
1. Daun
adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang tumbuh pada ranting yang umumnya
berbentuk pipih dan berwarna hijau.
2. Daun
singkong : Menjari, Daun mangga : menyirip. Daun Pandan : Sejajar, Daun Sirih :
Melengkung
3. Bentuknya
tulangnya menjari, menyirip seperti tulang ikan, melengkung, dan lurus/sejajar
4. a.
Menjari
b. Menjari
c. Menyirip
d. Sejajar
e. Melengkung
· Penilaian Aspek Kognitif
(keterampilan)
Tabel
Pengamatan
No.
|
Nama
Tumbuhan/Daun
|
Bentuk
Tulang Daun
|
Susunan
Daun
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
Isilah
Tabel pengamatan diatas sesuai dengan hasil pengamatan yang telah kalian
lakukan !
No.
|
Nama
Tumbuhan/Daun
|
Gambar
Daun berdasarkan
Bentuk Tulang Daun
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
Isilah tabel
diatas, dengan cara menggambarkan daun dan bentuk tulang daun yang telah kalian
peroleh dari melakukan pengamatan !
*catt : Jawaban
disesuaikan dengan hasil pengamatan siswa
1. Produk
(Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Pengamatan
Sikap
|
*pengetahuan
*kadang-kadang
pengetahuan
*tidak pengetahuan
*aktif pengamatan
*kadang-kadang aktif
*tidak aktif
*sikap
*kadang-kadang sikap
*tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Performa
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Pengamatan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
*Catatan :
· Nilai = (Jumlah skor : Jumlah skor maksimal) X 10
· Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
Mengetahui Serang,
Oktober 2015
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
Hj. IDET
HAERIAH, S.Pd. MM Siti
Lia Yuliana
NIP :
196001111979122006 NIM
: 2227132012
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda