Minggu, 03 Januari 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



RPP ini penulis buat untuk memenuhi syarat pada saat melakukan kegiatan eksperimen terkait Problematika pembelajaran di salah satu SD Negeri di Serang

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

Nama Sekolah             : SD Negeri Rawu
Mata Pelajaran            : Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/semester            : 4 (empat) B/ Semester 1 (satu)
Materi                          : Pengelompokan Jenis Tulang pada Daun
Alokasi waktu             : 2 x 45 Menit
A.      Standar Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B.       Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan hubungan antara daun tumbuhan dengan fungsinya
C.      Indikator
·      Mampu menjelaskan definisi dan fungsi daun
·      Mampu menyebutkan bentuk-bentuk tulang pada daun
·      Mampu mengklasifikasikan bentuk-bentuk tulang pada daun
D.      Tujuan
·      Siswa dapat menjelaskan definisi serta fungsi dari daun
·      Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk tulang yang terdapat pada daun
·      Siswa dapat mengklasifikasikan bentuk-bentuk tulang pada daun berdasrakan ciri-ciri dan jenisnya
E.       Materi
DAUN
1.    Pengertian Daun
Daun adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang tumbuh pada ranting yang umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau. Berwarna hijau karena mengandung klorofil.Tetapi beberapa jenis tumbuhan memiliki daun berwarna merah. Bagian-bagian daun terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun. Daun pisang dan daun bambu memiliki bagian daun yang lengkap. Akan tetapi, kebanyakan tumbuhan mempunyai daun yang tidak lengkap. Misalnya, ada daun yang terdiri atas tangkai dan helai daun saja. Sebagian besar tumbuhan seperti ini, misalnya daun nangka dan mangga. Ada pula daun yang hanya terdiri atas pelepah dan helai daun. Contoh daun seperti ini adalah daun padi dan jagung. Bagian daun yang umumnya paling kelihatan adalah helai daun. Ada berbagai macam bentuk helai daun. Bentuk helai daun dipengaruhi bentuk susunan tulang daun. Daun yang lengkap memiliki bagian bagian berupa pelepah, tangkai, dan helai daun.
            
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicJIIMNqB0VIRPdbJa64gyBfTr3CyHTu9BrvvAiwszUhPi4HWDJHkqz5d5joB20EpG69nHvdnMIDpYtuZbsw3kwa2Q2LaGwNGP3DP4XzK2sxJjT0_2dumUapDzml3lC_1rJ7lRP9cQzXY/s1600/daun2.png
Gambar 1.1 (daun tunggal dan majemuk)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisFbzSKkwMzH0hoHxDGMyVvEsVdR4gbn5JQtrcsLiizaecpFIn50Q3vNOhBh7rnjGISJKAgMLvRH778S34SwxbpLqbSJqx8dKAk2Cfs8wimYUA9iJZJjAzgPfIrqOyyYu26SaTW5IQuruX/s320/IMG_5306.jpg
Gambar 1.2  (bagian daun)
Bentuk susunan tulang daun terdiri atas tulang daun menyirip, tulang daun menjari, tulang daun melengkung, dan tulang daun sejajar. Dilihat dari jumlah daunnya, daun dibagi menjadi dua, yaitu daun majemuk dan daun tunggal. Daun majemuk adalah daun yang mempunyai beberapa helai daun pada tiap tangkai daunnya, contohnya adalah daun pete cina, daun buah asem, tumbuhan paku, dsb. Daun tunggal adalah daun yang mempunyai satu helai daun pada tiap tangkai daunnya, contohnya adalah daun tanaman mangga, daun tanaman jambu, daun tanaman, dan lain sebagainya.


2.    Fungsi Daun
Setiap jenis tumbuhan memiliki struktur daun yang khas, hal ini disesuaikan dengan fungsinya sesuai tempat hidupnya. Fungsi utama daun adalah untuk menyerap sinar matahari untuk pembuatan gula tanaman dalam proses yang disebut fotosintesis. Daun berkembang sebagai permukaan rata untuk menyajikan area yang luas untuk penyerapan yang efisien energi cahaya. Daun didukung dari batang dengan embel batang-seperti yang disebut tangkai daun. Daun bagi tumbuhan berfungsi antara lain sebagai berikut.
a.         Sebagai tempat berlangsungnya proses pembuatan makanan tumbuhan (fotosintesis), karena daun mengandung klorofil atau zat hijau daun.
b.         Berperan pada proses penguapan tumbuhan.
c.         Merupakan salah satu alat pernapasan pada tumbuhan, yaitu melalui bagian daun yang disebut stomata atau mulut daun.
d.        Turut berperan dalam proses penyerapan air dan zat hara dari dalam tanah.
e.         Bahan perkembangbiakan, misalnya pada cocor bebek.
f.          Tempat penyimpan cadangan makanan, misalnya pada bawang merah dan lily.
3.    Bagian-bagian Daun
Berdasarkan bagian-bagian pada daun, daun dibedakan menjadi daun lengkap dan daun tidak lengkap.
a.         Daun Lengkap
Daun lengkap dapat kita jumpai pada beberapa macam tumbuhan, misalnya pohon pisang (Musa paradisiaca L). Pohon pinang (Areca catechu L), bambu (Bambusa sp), dll. Tumbuhan yang mempunyai daun yang lengkap tidak begitu banyak jumlah jenisnya. Ciri-ciri Daun yang lengkap adalah sebagai berikut :
·       Tangkai daun (petiolus)
·       Helaian daun (lamina)
b.         Daun Tidak Lengkap
Kebanyakan tumbuhan mempunyai daun, yang kehilangan satu atau dua bagian dari tiga bagian tersebut diatas, dinaman daun tidak lengkap. Ciri-ciri Daun tidak lengkap adalah sebagai berikut :
·       Hanya terdiri atas tangkai dan helaian saja, disebut daun bertangkai.
·      Daun hanya terdiri atas helaian saja (tanpa upih dan tangkai) sehingga helaian langsung melekat atau duduk pada batang, disebut daun duduk  (sessilis), seperti pada biduri (Calotropisgigantea R.Br.).
·      Daun hanya terdiri atas tangkai tangkai saja, tangkai biasanya menjadi pipih sehingga menyarupai helaian daun, jadi merupakan suatu helaian daun semu atau palsu, disebut  filodiaseperti pada berbagai jenis pohon Acacia Australia (Acacia auriculiformis A. Cunn.)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi73QMupEskl6LjVMIvJgwIKnqnZ_3JZvmYl4jDqB9xGU9VMGS1Wl7xzarkC8lWJCC8K0rYZeuCECUzl8Slryb3wFF0K15wQ8OlQyeREoVBsiehaVf4lsj9fAY1MK_vPyz_bYInQMcP7mLm/s1600/IMG_20130921_0002.jpg
Gambar 1.3 (daun lengkap dan tidak lengkap)
4.    Bentuk Tulang Daun
Bentuk susunan tulang daun terdiri atas tulang daun menyirip, tulang daun menjari, tulang daun melengkung, dan tulang daun sejajar. Terdapat beberapa penggolongan jenis tulang daun, antara lain :
a.         Tulang daun Menyirip (penninervis)
Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip-sirip ikan. Tulang daun menyirip dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun mangga, rambutan, jambu, avokad, dan nangka.
b.         Tulang Daun Menjari (palminervis)
Tanaman ini mempunyai satu tulang daun yang besar, Tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari-jari tangan. Tulang daun menjari dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya daun pepaya, singkong, jarak, dan kapas.
c.         Tulang Daun Melengkung (cervinervis)
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis lengkung. Tiap-tiap ujung tulang daun itu terlihat menyatu, misalnya daun genjer dan gadung.


d.        Tulang Daun Sejajar (rectinervis)
Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Biasanya terdapat pada daun-daun bangun garis dan bangun pita, yang mempunyai satu tulang ditengah yang besar membujur daun, sedang tulang-tulang lainnya jelas lebih kecil dan nampaknya semua mempunyai arah sejajar dengan ibu tulangnya tadi. Tiap-tiap ujung tulang daun tersebut menyatu, misalnya semua jenis rumput-rumputan, padi, tebu, dan jagung.

http://biyory.mywapblog.com/files/daun5.jpg      http://vignette1.wikia.nocookie.net/tolololpedia/images/f/f1/Daun-pepaya1.jpg/revision/latest?cb=20110120033650   http://www.natureloveyou.sg/Limnocharis%20flava/DSC04702%20%2808%29.jpg          https://iqmaltahir.files.wordpress.com/2010/05/pandan-wangi2.jpg
Gambar 1.4 (a) bentuk tulang menyirip. (b) bentuk tulang menjari. (c) bentuk tulang melengkung (d) bentuk tulang sejajar


F.       Model, Metode Pembelajaran
·      Menggunakan model pembelajaran Kontekstual
·      Menggunakan metode ceramah, diskusi
G.      Media Pembelajaran
1.    Buku Subur
Buku subur merupakan buku yang berisi dedaunan yang dikelompokan berdasarkan jenis dan pengelompokan tulangnya. Lembar demi lembar, buku tersebut akan berisi satu jenis daun utuh dan disertai rangka daun yang bertujuan untuk mengetahui pengelompokan daun berdasarkan jenis daun itu sendiri.
a)    Alat dan Bahan
1)   Alat                                           
·      Gunting
·      Cuter (pisau kecil)
·      Penggaris
·      Spidol warna
·      Lem kertas
·      Pensil dan pulpen
·      Doubletip dan isolasi
2)   Bahan
·      Buku (berukuran besar)
·      Kertas Sampul buku
·      Daun dan Rangka Daun

H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Ket



Pendahuluan
·      Menyapa peserta didik dengan salam
·      Berdo’a sebelum memulai kegiatan belajar mengajar
·      Memerikasa kehadiran peserta didik
·      Perkenalan antara guru dan peserta didik
·      Guru memberikan soal Pre test



5 menit





Inti
·      Menyampaikan KD, Tujuan dan Indikator yang ingin dicapai
·      Guru menjelaskan materi yaitu pengelompokan tulang daun berdasarkan jenis daun dengan menggunakan media yang telah disiapkan
·      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok yang masing-masing kelompoknya terdapat 10-12 siswa
·      Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk melakukan pengamatan terhadap daun yang ada disekitar halaman sekolah
·      Masing-masing kelompok secara bergantian mengamati daun yang ada di halaman sekolah untuk dapat dikelompokan berdasarkan bentuk tulang daun
·      Siswa kembali kedalam kelas untuk berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk menentukan penggolongan bentuk tulang daun yang telah mereka amati
·      Masing-masing anggota kelompok menuliskan hasil pengamatan yang mereka lakukan di Lembar Kerja Siswa (LKS)
·      Guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil kerjanya didepan kelas yang dilakukan oleh perwakilan kelompok masing-masing
·      Guru mengapresiasi siswa yang telah mempersentasikan hasil kerjanya didepan kelas
·      Guru mengevaluasi LKS yang telah siswa kerjakan dengan cara membahasnya bersama-sama disertai dengan media pembelajaran yang telah disiapkan
·      guru memberikan latihan soal (post tets)



35 menit

Penutup
·      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah diajarkan didepan kelas
·      Guru memberikan apresiasi kepada siswa
·      Guru memberikan motivasi/semangat kepada siswa
·      Berdo’a sebelum pulang  
5
menit


I.     Evaluasi
·      Penilaian Aspek Psikomotor (pengetahuan)
Jenis soal                        : esai
Jumlah soal                    : 4 soal
Bobot nilai                     : 1 soal bernilai 25 (24x4=100)
Soal !
1.    Apa yang kalian ketahui dengan Daun ?
2.    Sebutkan nama tumbuhan/daun berdasarkan bentuk tulang yang terdapat pada daun?
3.    Apa saja perbedaan/ciri-ciri yang terdapat pada daun jika dilihat dari bentuk tulang daunnya?
4.    Sebutkanlah bentuk tulang daun yang terdapat pada jenis tumbuhan/daun dibawah ini :
a. Daun singkong
b. Daun Pepaya
c. Daun Mangga
d. Daun Pandan
e. Daun Sirih
Kata Kunci :
1.    Daun adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang tumbuh pada ranting yang umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau.
2.    Daun singkong : Menjari, Daun mangga : menyirip. Daun Pandan : Sejajar, Daun Sirih : Melengkung
3.    Bentuknya tulangnya menjari, menyirip seperti tulang ikan, melengkung, dan lurus/sejajar
4.    a. Menjari
b. Menjari
c. Menyirip
d. Sejajar
e. Melengkung

·      Penilaian Aspek Kognitif (keterampilan)
Tabel Pengamatan
No.
Nama
Tumbuhan/Daun
Bentuk
 Tulang Daun
Susunan
 Daun
1.



2.



3.



4.




Isilah Tabel pengamatan diatas sesuai dengan hasil pengamatan yang telah kalian lakukan !




No.
Nama
Tumbuhan/Daun
Gambar Daun berdasarkan
Bentuk Tulang Daun
1.


2.


3.


4.


Isilah tabel diatas, dengan cara menggambarkan daun dan bentuk tulang daun yang telah kalian peroleh dari melakukan pengamatan !
*catt : Jawaban disesuaikan dengan hasil pengamatan siswa
1.    Produk (Hasil Diskusi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah

4
3
2
1




2.    Performasi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.


Pengetahuan



Pengamatan



Sikap
*pengetahuan
*kadang-kadang pengetahuan
*tidak pengetahuan

*aktif pengamatan
*kadang-kadang aktif
*tidak aktif

*sikap
*kadang-kadang sikap
*tidak sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

3.    Lembar Penilaian
No.
Nama Siswa

Performa
Produk
Jumlah Skor
Nilai
 Pengetahuan
 Pengamatan
 Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.














































































*Catatan :
·       Nilai = (Jumlah skor : Jumlah skor maksimal) X 10
·      Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial

Mengetahui                                                                             Serang, Oktober 2015
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas


Hj. IDET HAERIAH, S.Pd. MM                                           Siti Lia Yuliana
NIP : 196001111979122006                                                   NIM : 2227132012    

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda